MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGINTERPRETASIKAN INFORMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan kemampuan menginterpretasi informasi siswa melalui model Number Head Together (NHT) berbantuan teknologi informasi pada materi keanekaragaman hayati. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA di SMA Kartika XIX-1 Bandung, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur adalah tes pretest-postest untuk melihat kemampuan menginterpretasi informasi, lembar observasi aktivitas atau sikap siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran model NHT berbantuan teknologi informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menginterpretasi informasi siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model NHT berbantuan web dengan hasil perhitungan nilai N-Gain pada setiap siswa, nilai N-Gain tertinggi sebesar 0,90 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,42, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menginterpretasi informasi siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model NHT berbantuan teknologi informasi, selain kemampuan menginterpretasi informasi hasil penelitian lainnya ialah penilaian sikap saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model NHT berbantuan teknologi informasi dengan rata-rata 3,40 dalam kategori baik, dan respon siswa terhadap model NHT berbantuan teknologi informasi sebesar 60%. Demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menginterpretasi informasi pada siswa dapat berkembang melalui model pembelajaran NHT berbantuan teknologi informasi. Kata Kunci: Kemampuan menginterpretasi informasi, Model NHT berbantuan teknologi informasi, Model Pembelajaran Number Head Together