PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Main Author: Yuni Syifau Rohmah, NPM. 178060033
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/43950/1/Yuni%20Syifau%20Rohmah_MPM%20copy.docx
http://repository.unpas.ac.id/43950/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi serta disposisi matematis siswa dengan model pembelajaran means-ends analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus yang dilakukan di dua kelas VIII SMPN 1 Karawang Barat. Instrumen yang digunakan antara lain, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan komunikasi matematis, angket disposisi matematis, lembar observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan uji-t’ dan korelasi dengan hasil penelitian menunjukkan antara lain, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran means-ends analysis tidak lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa, serta korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis.