PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP
Daftar Isi:
- Prestasi belajar matematika yang masih rendah diduga terkait dengan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa. Penggunaan model pembelajaran guru yang kurang bervariasi bersifat mononton sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa yang berpengaruh pada kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL). Aktivitas model STHL ini pembelajaran kelompok yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk berpikir, menjawab, saling membantu sama lain, dan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang heroik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) apakah self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu karena menggunkan kelas yang sudah terbentuk sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang dengan objeknya yaitu pengaruh Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-regulated learning. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test (uji-t) melalui software IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional 2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional 3) Terdapat korelasi positif antara self-regulated learning terhadap kemampuan komunikasi siswa. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Student Team Heroic Leadership dan Self-Regulated Learning