PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SISTEM GERAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media video animasi 3D berpengaruh pada hasil belajar siswa, sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 32 orang. Metode penelitian digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. dengan tes kemampuan yang kognitif siswa berupa soal 20 butir soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata -rata pretest sebesar 56,25 dan rata-rata posttest 80,15 dengan nilai N-Gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,33. Juga dengan uji -T taraf signifikasi 0,05 yang menunjukan signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif C1-C4, hal ini di pengaruhi efektivitas media video animasi 3D yang menyajikan informasi gambar yang bergerak menyerupai aslinya, mengakibatkan siswa mampu mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis pada proses berpikir dalam pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video Animasi 3D