PENGKARYAAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KULINER LEGENDARIS DI KOTA BANDUNG. CARINA PUTRI PRATIWI;146010095
Main Author: | CARINA PUTRI PRATIWI dan Fadhly Abdillah, S.sn, M.Ds |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/43820/1/Tugas%20Akhir%20-%20Perancangan%20media%20promosi%20kuliner%20legendaris%20kota%20bandung%20-%20carina%20putri%20-%20146010095.pdf http://repository.unpas.ac.id/43820/ http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=43820&stage=core#t |
Daftar Isi:
- Kota Bandung memiliki banyak pusat perekonomian bisnis, sejarah bangunan, budaya dan kuliner. Kota Bandung masih menyimpan kuliner Legendaris yang Memiliki elemen budaya fisik kota yang terdiri dari elemen lama kota dengan nilai sejarah dan visual yang tinggi. Kuliner pun merupakan elemen potensial dalam proses pembentukan citra kota, sehingga tidak cukup bila hanya di kenal tetapi harus diupayakan di lestarikan.Kuliner legendarismampu memberikan bukti tentang suatu peradaban manusia. Ada40 tempat kuliner legendaris yang masih berdiri dan masih aktif berjualan di kota bandung, namun hanya 12 tempat kuliner legendaris yang memiliki sejarah bersifat diakronis, ideografis, unik, dan empiris.Namun dengan berkembangnya zaman tak sedikit masyarakat kota Bandung khususnya kaum muda yang mengetahui tentang kuliner legendaris ataupun nilai sejarah yang terkandung didalamnya. AkibatnyaKuliner legendaris sudah jarang dikenal ataupun diketahui. Hal ini sangat mempengaruhi untuk kemajuankota. Maka dari itu diperlukanya usaha lebih dari masyarakat kota Bandung untuk mau mengetahui dan datang ketempat kuliner legendaris itu sendiri. Dalam penelitian permasalahan kurangnya pengetahuan masyarakat kota Bandung khususnya kaummuda tentang keberadaan dan nilai sejarah kuliner legendaris, penulis menggunakan metode mix methoddengan instrument penelitian literasi, kuesioner, observasi, serta wawancara, dan metode komunikasi AISASUntuk mencari sebuah solusi perancangan media Promosiberupa event dengan nama acara djadoel (jajan doeloe)dengan isi pesan utama yaitu “Destinasi Hidangan Abadi” dengan target utama yaitu remaja. Diharapkan dengan perancangan ini remaja dapat datang, mengenal tempat kuliner legendaris dan menjaga dan merawat peninggalan sejarah secara turun menurun.Kata Kunci : Mengajak, Datang, Menjaga, Memberi tahu,Mendesain Media Promosi.