Daftar Isi:
  • Model pembelajaran yang penggunaannya kurang tepat akan menyebabkan tidak efektifnya kegiatan pembelajaran sehingga tidak jarang kurang tercapainnya kegiatan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan dalam penggunaan model dan media pembelajaran matematika di sekolah agar kegiatan pembelajaran lebih efektif dan berjalan secara optimal. Adapun salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board. Model matematika Knisley dilakukan secara berkelompok dengan langkah pembelajaran konkrit-reflektif, konkrit-aktif, abstrak-reflektif, dan abstrak-aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah kemandirian belajar siswa yang mempeoleh model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah siswa dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board. Model penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain eksperimen kelompok kontrol pretest dan posttest yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung dengan objeknya yaitu Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Bulletin Board. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah siswa dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika Knisley dengan berbantuan bulletin board. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Matematika Knisley