PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLAYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA Pasundan 7 Bandung. Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA II yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA I yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Dengan demikian, model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Self-efficacy, Model Pembelajaran Ekspositori.