Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berlandaskan masalah menyimak yang dialami peserta didik dalam memahami materi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu teks yang disimak, tugas dan aktivitas yang dilakukan, serta metode yang digunakan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis representasi isi debat berfokus pada implikatur menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis representasi isi debat; dan mengetahui keefektifan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, kajian pustaka, dan uji coba. Pengolahan data dibantu oleh aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis representasi isi debat berfokus pada implikatur di kelas X SMAN 22 Bandung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penilaian yang didapatkan penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 4.00 dengan kategori sangat baik. Peserta didik kelas X SMA Negeri 22 Bandung lebih mampu menganalisis representasi isi debat berfokus pada implikatur menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata prates sebesar 38 menjadi 91 saat pascates. Selisih nilai dari prates ke pascates adalah 53. Metode TGT efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis representasi isi debat berfokus pada implikatur karena mean rank kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu 32.65 > 20.35. Oleh karena itu, terdapat peningkatan dan keberhasilan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Debat, Implikatur, Menganalisis, Representasi, Teams Games Tournament.