Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning; (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah; (3) mengetahui Self-Regulated Learning siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain grup perbandingan non-ekuivalen. Subjek penelitian pada salah satu SMP Negeri di Cimahi. Objek penelitian diambil dari dua kelas secara acak. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan geogebra sedangkan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning. Instrumen tes yang diberikan berupa soal uraian dan instrumen angket Self-Regulated Learning. Analisis data diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji scheffe mengunakan Microsoft Excel 2016, dan Program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah; (3) Self-Regulated Learing siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Project-Based Learning, Self-Regulated Learning, dan Software GeoGebra