Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan wikipedia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan materi virus pada peserta didik di SMAN 15 Bandung. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X MIA 6 yang berjumlah 35 peserta didik. Metode penelitian ini yaitu pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam posttest dapat dilihat pada N-Gain 0,50 termasuk kriteria sedang, penilaian penyuntingan wikipedia 75 termasuk kriteria baik, penilaian produk showcase 82,5 termasuk kriteria baik, penilaian observasi berpikir kreatif 72 termasuk kriteria kreatif, dan penilaian respon peserta didik 70% termasuk kriteria baik. Hasil hipotesis menunjukkan hipotesis memiliki nilai sig. 0,00 yang artinya < 0,05 maka hasil uji T ini diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Biologi berorientasi wikipedia dapat memberikan nilai yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalaui penguasaan konsep virus. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Pemanfaatan Wikipedia, Virus