IMPLEMENTASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam konsep sel kelas XI IPA di SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berorientasi pada guru dan adanya kesulitan siswa dalam memvisualisasikan bentuk sel yang bersifat mikroskopis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah implementasi model guided inquiry pada konsep sel dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Experimental dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Kelas kontrol mendapatkan rata-rata N-gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa model guided inquiry mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tinggi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 8 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software SPSS 20.00 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis dan hipotesis nilai signifikan dengan uji t adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Maka kesimpulan yang dapat diambil bahwa Ha diterima serta menunjukan bahwa implementasi model guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sel. Kata Kunci : Model Guided Inquiry, Berpikir Kritis