Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Leaflet melalui model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada konsep Keanekaragaman hayati. Subjek pada penelitian ini yaitu X MIPA di SMA Pasundan 2 Bandung, yaitu dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 36 orang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimen Design dengan desain penelitian one grup pretest dan posttest. Parameter yang di ukur adalah kemampuan siswa berpikir kritis. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54,44 dan rata-rata posttest 82,36 dengan nilain N-gain 0,80, dengan uji-t pada tarap signifikasi 0,05 signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, setelah pembelajaran menggunakan model Think Talk Write (TTW). Demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui model Think Talk Write (TTW). Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Think Talk Write