HUBUNGAN PERILAKU ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERIODE 2018/2019 (Survey Pada Mahasiswa Himpunan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum dan Himpunan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada periode 2018/2019. Masalah utama yang menjadi alasan penulis melakukan penelitian ini karena banyak mahasiswa yang mengikuti organisasi mengabaikan perkuliahannya, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey, sehingga sampel yang diambil sebanyak 58 orang. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Himpunan Pendidikan Kewarganegaraan dan Himpunan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang keseluruhan berjumlah 68. Adapun instrumen yang digunakan yaitu berupa angket untuk variabel perilaku organisasi (Variabel X) dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk variabel prestasi belajar (Variabel Y). Berdasarkan hasil pengolahan angket penelitian yang penulis lakukan menghasilkan kesimpulan akhir berkate gori “baik” dengan presentase jawaban keseluruhan 79,38%. Sedangkan prestasi belajar mahasiswa di ukur oleh indeks prestasi kumulatif (IPK). Berdasarkan hasil olah data menggunakan SPSS 24,0 for windows diperoleh koefisien korelasi 0,228 yang mengandung pengertian bahwa hubungan variabel bebas yaitu perilaku organisasi (X) terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) adalah sebesar 22% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Perilaku Organisasi, Prestasi Belajar