Daftar Isi:
  • Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu daya matematis yang harus diketahui dan dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu kemampuan representasi matematis perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran CRA adalah model pembelajaran tiga bagian untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan mengatasi pengetahuan konseptual. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandung dengan pengambilan sampel yang terdiri dari 2 kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala disposisi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan effect size. Adapun hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian adalah, 1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Pembelajaran dengan model CRA (Concrete Representational Abstact) memiliki efektif yang sedang untuk peningkatan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract).