IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciranjang Kota Cianjur berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar . Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran animasi 3 dimensi. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Ciranjang. Instrumen yang digunakan berupa 12 soal pilihan ganda. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 50,76 dan rata-rata posttest sebesar 85,47 , pada siswa di kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menunjukkan nilai hasil rata-rata pretest sebesar 48,24 dan nilai hasil rata-rata posttest sebesar 80,91. Hasil hipotesis N-Gain menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,0335 , nilai tersebut < 0,05 maka Ho ditolak. Maka dapat dikatakan bahwa pada penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap materi struktur dan fungsi sel, antara siswa yang menggunakan media pembelajaran 3 dimensi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Hasil penilaian pada ranah afektif terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 76% respon yang baik. Hasil penilaian pada ranah psikomotor terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 94% respon yang baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Animasi 3 Dimensi, Sel.