PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media animasi 3D dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Sel. Media animasi 3D yang digunakan berupa video yang bersumber dari youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment design dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMAN 1 Parongpong pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapat skor rata -rata pretest 57,50 dan posttest 87,09 pada kelas eksperimen dan pretest 55,03 dan postest 77,97 pada kelas pembanding. Serta dari uji Gain didapat skor rata-rata 29,59 pada kelas eksperimen, dan skor rata-rata 22,94 pada kelas pembanding. nilai rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol. Hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor 3,53 kategori sangat baik dan peniliam Aspek psikomotor 3,57 sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran animasi 3D dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada konsep sel. Kata Kunci: Media Animasi 3D, Kemampuan Berpikir Analitis, Struktur dan Fungsi sel.