Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti pada penelitian ini menggunakan metode group investigation. Metode group investigation adalah strategi belajar kooperatif yang menempatkan siswa kedalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik. Metode group investigation membantu siswa untuk belajar memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti dengan cara bekerja sama dalam kelompok kecil. Penelitian ini dilakukan di SMP Nusantara Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest, yaitu menggunakan prates dan pasca tes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti menggunakan metode group investigation di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4; 2) Peserta didik di kelas VIII SMP Nusantara Bandung mampu mengikuti pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti. Hal ini dibuktikan dari hasil prates dengan rata-rata 23,85 dan hasil pasca tes dengan rata-rata 76,3 Perbedaan ini menunjukkan selisih 76,3 – 23,85 = 52,45; 3) Metode group investigation efektif bagi pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung ≥ t tabel, yaitu 14,73 > 1,729. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks persuasi berorientasi sugesti, metode group investigation.