PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning; (2) mengetahui terdapat keyakinan diri siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning: (3) mengetahui adanya korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan keyakinan diri siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII E dan siswa kelas VII F SMP Pasundan 3 Bandung dipilih secara acak menurut kelas. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus sedangkan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penlitian ini yaitu berupa tes uraian soal kemampuan representasi matematis dan angket Self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) peningkatan kemampuan representasi matematis yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning; (2) peningkatan keyakinan diri belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus lebih tingi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan keyakinan diri belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Cabri II Plus. Kata kunci : Kemampuan representasi matematis, Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri II Plus, Self-efficacy.