PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan sukarnya siswa dalam memahami materi sel kelas XI SMA Pasundan1 Bandung. Hal ini dikarenakan proses pengajarannya masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah penelitian menggunakan media berbantu aplikasi youtube pada materi sel dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang dilakukan dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan Design penelitian One Group Pretest dan Posttets. Nilai rata-rata siswa pretest adalah 0,52% dan nilai rata-rata posttest 0,57% . hal tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Instrument penelitian tes Essay menggunakan 10 soal. Hasil data ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan software IBM SPSS 20.00 for windows yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). berdasarkan hasil analisis dan hipotesis nilai signifikan dengan uji t adalah α >0,05. Maka kesimpulan yang dapat diambil bahwa Ha diterima atau terdapat perbedaan antara data pretest dan posttest serta menunjukan bahwa media pembelajaran aplikasi youtube dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sel. Kata kunci: Media pembelajaran aplikasi youtube. Hasil belajar.