PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-POSING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (2) mengetahui apakah pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok dan kontrol pretes-postes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kabupaten Bandung, diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Problem-posing dan kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional dalam hal ini pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Matematis, Problem-posing.