Daftar Isi:
  • Pembelajaran menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial dilakukan dengan cara menulis. Dalam pembelajaran ini peserta didik menulis drama yang berkaitan pada nilai sosial dalam kehidupan sehari-sehari. Adapun menulis drama berakaitan pada struktur dan kaidah. Maka dari itu metode cooperative round table merupakan metode yang membuat peserta didik belajar secara berkelompok dan secara individu. Penggunaan metode cooperative round table dalam pembelajaran menulis drama diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong royong pada peserta didik. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis drama menggunakan metode cooperative round table untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa kelas VIII SMP Karya Pembangunan Ciparay. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut. 1) bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas VIII kelompok eksperimen dan kelas VIII kelas kontrol dalam pembelajaran menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial menggunakan metode cooperative round table?, 2) tepatkah metode cooperative round table digunakan dalam pembelajaran menulis drama untuk kelas VIII SMP Karya Pembangunan Ciparay? Adapun hasil penelitian yaitu hasil penilaian sikap kelas eksperimen peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 3,3 digolongkan baik sedangkan pada kelas kontrol yaitu 3,1 digolongkan baik. Kemampuan menulis drama peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode cooperative round table lebih unggul yaitu dengan rata-rata hasil 75 < 33,5 dengan selisih sebesar 48,2. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 52,1 < 59,3 dengan selisih sebesar 49,1 dengan uji statistik. Hal ini membuktikan jika penggunaan metode pembelajaran cooperative round table lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, drama, nilai sosial, metode cooperative round table.