Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Peserta Didik Melalui Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati Dalam Pembelajaran Biologi Berorientasi Wikipedia
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik melalui penguasaan konsep materi Keanekaragaman Hayati dalam pembelajaran Biologi berorientasi Wikipedia. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas X MIPA 6 di SMAS Pasundan 1 kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 43,45 dan skor rata-rata posttest sebesar 66,90 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek produk mendapatkan skor dengan rata-rata sebesar 73% dengan kategori baik. Selanjutnya, hasil kemampuan literasi informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 80,96 dengan kategori baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 81,47% dengan kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi berorientasi Wikipedia melalui penguasaan konsep materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi informasi siswa. Kata kunci: Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati, Wikipedia,