Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang dilakukan di SMA Swasta yang ada di kecamatan Cibeunying Kaler, seperti : SMA PGII 2 Bandung, SMA Nasional Bandung, SMA 19 Bumi Siliwangi Bandun, permasalahannya adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Swasta di kecamatan cibeunying kaler kota bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dengan mengetahui gambaran tingkat profesionalisme guru yang terjadi diharapkan dapat memberikan manfaat agar setiap guru lebih sadar untuk terus memperbaiki profesionalismenya dalam mengajar agar prestasi siswa juga dapat terus meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan survey dan data kuantitatif dengan tingkat eksplanasi assosiatif hubungan kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Ukuran populasi sebanyak 154 siswa, yang kemudian ditarik sampel sebanyak 112 siswa. Responden pada penelitian ini adalah siswa di SMA Swasta yang ada di kecamatan Cibeunying Kaler, seperti : SMA PGII 2 Bandung, SMA Nasional Bandung, SMA 19 Bumi Siliwangi Bandung. Berdasarkan Hasil penelitian, didapatkan gambaran profesionalisme guru berada pada kategori kurang baik dengan rata-rata sebesar 3,007 dan untuk prestasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan nilai 71,75 sedangkan untuk pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa nilainya sebesar 58% dan sebagian lainnya sebesar 42% dipengaruhi oleh faktor lain diluar profesionalisme guru yang tidak di teliti oleh peneliti. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar