Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “EKSISTENSI PENGGUNA PRODUK KOSMETIK DI KALANGAN MASYARAKAT KOTA BANDUNG.” Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengguna produk kosmetik yang terdiri dari unsur motif kalangan masyarakat dalam menggunakan Produk Wardah Kosmetik, bagaimana tindakan kalangan masyarakat dalam menggunakan Produk Wardah Kosmetik dan bagaimana makna Produk Wardah Kosmetik bagi kalangan masyarakat di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan, yakni meliputi penelaah terhadap buku-buku, studi literatur, dan penelusuran data secara online. Studi lapangan meliputi observasi dan wawancara mendalam pada 5 informan inti dan 1 informan ahli. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa motif utama kalangan masyarakat menggunakan Produk Wardah Kosmetik karena kualitas nya dan tertera label halal yang di jamin aman bagi kulit dan motif lainnya untuk merasakan kenyamanan setelah menggunakan Produk Wardah Kosmetik. Tindakan masyarakat dipengaruhi oleh motif-motif dalam menggunakan Produk Wardah Kosmetik dan berdasarkan fakta bahwa memang para mahasiswi yang peneliti wawancarai dalam memaknai Produk Wardah ini sebagian besar untuk kecantikan dirinya, atau sebagai alat penunjang penampilan mereka agar lebih menarik dan elegan.