Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 33 Bandung dengan tujuan mengetahui kemamapuan peserta didik dalam pembelajaran menulis. Menulis merupakan kegiatan yang produktif, sebab dalam proses akhirnya akan menghasilkan sebuah tulisan. Teks ulasan merupakan teks yang berisi penilaian terhada p sesuatu yang diulas. Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan kata-kata penuh makna di dalamnya. Pada penelitian ini, peneliti membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas puisi pada peserta kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung. Peneliti menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran tersebut dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik dan mengetahui keefektifan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan dua tes dalam pelaksanaan penelitian ini diantaranya, tes awal atau prates dan tes akhir atau pascates. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi, observasi, tes, kajian pustaka, dan uji coba. Hasil yang didapatkan peneliti dalam melakukan penelitian ini lalu diolah menggunakan aplikasi IBS SPSS Statistic 25. Nilai yang diperoleh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,7. Pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya puisi menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung mengalami perubahan dari nilai rata-rata awal 16,08 dan mengalami perubahan pada tes akhir menjadi 85,48. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Bandung mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Menulis, Teks ulasan, Demonstrasi.