PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN (Quasy Experiment di SMA Negeri 1 Majalaya Kab.Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizizz dalam pembelajaran Pkn terhadap motivasi belajar peserta didik. Kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pkn menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental, Non-Equivalent Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Majalaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 5 sebag ai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Analisis data kuantitatif berupa tes dilakukan terhadap hasil pretes dan postes kedua kelas menggunakan uji t. Sedangkan data kuantitatif berupa non tes dilakukan terhadap angket yang disebarkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Majalaya. Motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Quizizz lebih baik dari pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media konvensional. Kata Kunci : Media Quizizz, Motivasi Belajar Peserta Didik.