Daftar Isi:
  • Membaca merupakan suatu kegiatan untuk menerima informasi melalui tulisan. Peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Fabel dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantu Media Cetak pada Peserta didik Kelas VII SMP Al-Husainiyyah Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel. Hal ini dapat dibuktikan nilai rata rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh peneliti sebesar 3,88 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik; (2) Peserta didik kelas VII SMP Al-Husainiyyah mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan pada peserta didik memperoleh nilai hasil pretest dan posttest; (3) Hasil belajar di kelas eksperimen memperoleh rata-rata 32,3 dan hasil posttest dengan rata-rata 69,9. Sedangkan hasil rata-rata pretest kelas kontrol adalah 20,0 dan nilai posttest adalah 57,7; 4) Penggunaan metode cooperative integrated reading and composition efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel. Hal ini terbukti pada uji mann-whitney yang menunjukkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Apabila hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05; 5) Ada perbedaan keefektifan metode cooperative integrated reading and composition sebagai kelas eksperimen dengan metode number head together sebagai kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel. Uji N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 57,48 masuk ke dalam kategori efektif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 48,90 kategori tidak efektif. Kata kunci: cooperative integrated reading and composition, kebahasaan, menelaah, pembelajaran, struktur teks.