Daftar Isi:
  • Media Pembelajaran merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran yang mampu mempengaruhi pemahaman juga keaktifan siswa ketika proses belajar dan mengajar berlangsung. Penelitian ini betujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana penggunaan mengenai media pembelajaran di SMAN 16 Bandung, (2) Mengetahui sejauh mana pemahaman juga keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang berlangsung di kelas XI SMAN 16 Bandung, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran interaktif pohon pintar terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Bandung. Media yang digunakan yaitu media pembelajaran interaktif pohon pintar yang dimana pengumpulan data terlebih dahulu menggunakan tes atau pre- test. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Ips 1 dan kelas XI Ips 3 tahun ajaran 2018/ 2019. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data maka diperoleh : (1) Penggunaan media pembelajaran interaktif pohon pintar ini telah terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI Ips 1 sebagai kelas eksperimen. (2) Berdasarkan uji t post test diketaui Pengaruh media pembelajaran interaktif pohon pintar terhadap keaktfan belajar siswa atau kelas eksperimen sebesar 21,00 dan rata- rata kelas kontrol sebesar 19,18, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata- rata hasil belajar kelas eksperimen lebih 1,88 yang artinya lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. (3) Terdapat pengaruh postif dan signifikan antara Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa SMAN 16 Bandung Pada Kelas XI Ips 1 Dalam Mata pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/ 2019. Kata Kunci : Media Interaktif Pohon Pintar, Keaktifan belajar, Pendidikan Ekonomi