Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui terdapat self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick dan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian kelompok kontrol pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Lembang. Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan skala self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick dan model pembelajaran ekspositori. Kata kunci: kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick, kemampuan pemahaman matematis, dan self-confidence.