EFEKTIVITAS PROGRAM MESIN PARKIR ELEKTRONIK DI KOTA BANDUNG (Studi Pada Jalan Leuwi Panjang)
Main Author: | Ulfi Dwi Nur Utami, 152010139 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/43180/1/5.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/2/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/2/4.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/3/2.%20BAB%20II%281%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/3/2.%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/4/6.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/43180/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kemacetan yang semakin bertambah di Kota Bandung serta kurangnya lahan parkir di tepi jalan umum di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas program dalam menanggulangi kemacetan dan kurang lahan parkir di tepi jalan umum di Kota Bandung. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Kettner, Moroney, dan Martin yang terdiri dari lima indikator atau aspek, yaitu effort (upaya), cost-efficiency (efisiensi biaya), result (hasil), cost-effectiveness (biaya efektivitas), dan impact (dampak). Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber informan yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Mesin Parkir Elektronik Di Kota Bandung khususnya jalan leuwi panjang oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung belum efektif yang disebabkan oleh berbagai indikator/aspek. Terlihat dari sosialisasi dan koordinasi dengan pihak lain masih belum baik atau optimal oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung, belum sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, dan menimbulkan dampak negatif terhadap juru parkir. Saran yang diajukan atas permasalahan yang terjadi adalah dilakukan sosialisasi secara rutin minimal satu minggu sekali kepada masyarakat, koordinasi lebih ditingkatkan dengan pihak ketiga,melakukan pembinaan rutin kepada juru parkir, dan pemeliharaan dan perbaikan mesin parkir harus dilakukan lebih intensif. Kata Kunci: Efektivitas Program Mesin Parkir Elektronik