PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi pada penelitian ini menggunakan metode Circuit Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyajikan teks persuasi; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyajikan teks persuasi dengan menggunakan metode Circuit Learning; mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menyajikan teks persuasi pada kelas eksperimen menggunakan metode Circuit Learning dengan kelas kontrol menggunakan metode Explicit Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design jenis Nonquivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang. Dibuktikan dari nilai perencanaan pembelajaran sebesar 3,78 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 termasuk dalam kategori sangat baik (A), peserta didik mampu menyajikan teks persuasi dengan metode Circuit Learning terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar yang menunjukkan hasil rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 48,7 dan postes sebesar 83,17, serta adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut terbukti dari hasil postes yang didapat dan hasil uji Independent sample t test dengan hasil sig. 0,000<0,05 artinya Hipotesis diterima. Hal tersebut berarti hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Circuit Learning lebih baik dari hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol menggunakan metode Explicit Instruction. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : Pembelajaran, menyajikan, persuasi, metode, Circuit Learning.