Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “KONVERGENSI MEDIA RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANDUNG”. Perkembangan teknologi informasi menghadirkan tantangan-tantangan baru. Bukan hanya di indonesia, di berbagai belahan dunia juga menghadapi tantangan yaitu konvergensi media. Konvergensi Media adalah penggabungan dari beberapa jenis media dan hadir dalam bentuk digital. Perkembangan teknologi internet menimbulkan perubahan dan perkembangan dalam dunia komunikasi massa. Kemunculan new media tersebut mengubah cara masyarakat dalam mendapatkan informasi dan berita, terutama mengubah dalam sebuah newsroom di media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek konvergensi kontinum di Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung pada era konvergensi media. Dalam konvergensi kontinum ini meliputi 5 (Lima) tahapan yaitu Croos Promotion, Clooning, Content Sharing, Coopetition, dan Full Convergence. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, internet, observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah Teori Konvergensi Media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung dalam praktek konvergensi kontinum sudah mencapai tahapan terakhir yaitu full convergence, dalam pengembangan produk Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung, disesuaikan dengan perkembangan teknologi dengan melakukan adaptasi dan mengedepankan karya inovatif dan kreatif. Rekomendasi yang ingin disampaikan peneliti berdasarkan hasil penelitian ini adalah untuk transformasi media baru perlu adanya pengembangan dan lebih ditingkatkan lagi untuk kinerja, sehingga dapat terus mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi dan bisa memaksimalkan pelayan kepada publik.