PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DALAM BENTUK TEKS ULASAN BERORIENTASI PADA STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 42 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi ol eh sulitnya memunculkan ide- ide pada peserta didik. Sulitnya memunculkan ide- ide terutama dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan berorientasi pada struktur menggunakan metode CIRC; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan; dan menge tahui kefektifan metode CIRC dalam pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan dibandingkan kelas kontrol . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental . Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, tes, dan uji coba. Adapun hasil penelitian, yaitu penulis mampu merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,77 kategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,71 kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata- rata hasil pretes 26,08 > 23,52 dan rata- rata hasil postes 75,07 > 60,18. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan hasil peningkatan sebesar 465,00 > 462,00 . Metode CIRC efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode Explicit Instruction pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil 0,000. Apabila nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode CIRC efektif digunakan pada pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel berorientasi pada struktur. Kata Kunci : Menulis, metode Cooperative Integrated Reading and Composition, struktur, teks, ulasan.