PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2013-2017)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dasar tujuan suatu perusahaan dalam perkembangannya selalu berusaha untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Perusahaan yang mampu mempertahankan keberlangsungan usahanya karena investor akan tertarik untuk menanmkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh pengungkapa Islamic Social Reporting terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode tahun 2013-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2017. Metode penelitian sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 7 perusahaan yang memenuhi kriteria analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan penguji hipotesis dengan regresi linier moderasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, besarnya pengaruh Islamic Social Reporting berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan yaitu 70,9%. Besarnya pengaruh Islmic Social Reporting terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating adalah 97,9%. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Nilai Perusahaan