PEMBELAJARAN MEMERANKAN ISI FABEL BERORIENTASI PADA UNSUR INSTRINSIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CIKANCUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKIRIPSI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam berbicara atau memerankan isi fabel. Berbicara merupakan salah satu aspek berbahasa yang bersifat aktif dan representatif. Media boneka tangan adalah media pembelajaran yang menarik dan produktif. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Memerankan Isi Fabel Berorientasi pada Unsur Instrinsik dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cikancung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian, peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran isi fabel, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Peneliti mendapatkan nilai rata-rata dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memerankan isi fabel dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peserta didik mampu memerankan isi fabel, hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest pada kelas kontrol dengan rata-rata 4,96 dan posttest pada kelas kontrol dengan rata rata 7,88. Perbedaan pada kelas kontrol menunjukkan selisih 2,92. Kemudian hasil pretest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 5,04 dan posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 8,68. Perbedaan pada kelas eksperimen menunjukkan selisih 3,04. Media boneka tangan efektif digunakan di kelas VII SMP Negeri 3 Cikancung. Kata Kunci : pembelajaran, memerankan isi fabel, media boneka tangan