PENGARUH KESEMPATAN BERTUMBUH DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Tekstil dan Garmen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2017)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Manajemen laba adalah suatu tindakan manajer dalam melakukan pemanipulasian atau perekayasaan atas laporan keuangan atau informasi akuntansi agar jumlah laba yang tercatat sesuai dengan keinginan manajer, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kesempatan Bertumbuh dan Siklus Hidup Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub sektor Industri Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan Manufaktur Sub sektor Industri Tekstil dan garmen. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan tersebut pada tahun 2013-2017 sebanyak 45 data. Analisis yang digunakan adalah Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedatisitas; Analisis Regresi Berganda; Analisis Korelasi; serta Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F) menggunakan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Kesempatan Bertumbuh berpengaruh terhadap Manajemen Laba, dan Siklus Hidup Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba, sedangkan secara simultan Kesempatan Bertumbuh dan Siklus Hidup Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Kata kunci: Kesempatan Bertumbuh, Siklus Hidup Perusahaan, Manajemen Laba