Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematus dan Self-Confidence siswa yang disebabkan oleh . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis dan Self-Confidence siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Pasundan 2 Cimahi yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII G dan VIII H yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis dan angket Self-Confidence. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatann kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan juga peningkatann kemampuan Self-Confidence siswa. yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Penalaran Matematis, Self-Confidence