Daftar Isi:
  • Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan yang harus memiliki oleh setiap penulis pengguaan bahasa. Keterampilan berbahasa mencakup keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian yang berupa meningkatkan keterampilan berbahasa. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu: 1) Mampukah Penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang di baca dengan menggunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019?; 2) Mampukah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita di baca dengan menggunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas?; 3) Efektifkah penerapan metode group investigation digunakan dalam pem-belajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks yang di baca dengan meng-gunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019? Hasil penelitian yang penulis lakukan dintaranya: 1) Hipotesis pertama dapat diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan meliht hasil penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMPN 1 Cikarang Barat. Penulis mendapatkan nilai rata-rata perencanaan sebesar 3,55, nilai rata-rata pelaksanaan sebesar 3,71, kemudian nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,65 dan termasuk dalam kategaori; (A) 2) Hipotesis kedua dapat diterima.Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes sebesar 44,75 dan poster 80,50 dengan mean sebasar 35,25; 3) Hipotesis ketiga dapat diterima.Hal ini dapat dibuktiakan dengan perhitungan uji t yang menghasilkan t hitung > ttabel yaitu sebesar 13,61 ≥ 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95% dan derajat ke beban sebesar 24. berdasarkan data tersebut penulis menyimpulkan bahawa metode group investigation sangat efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan bahwa penelitian yang penulis lakukan berhasil. Kata kunci: mengidentifikasi, membaca, teks berita, group, investigation