Daftar Isi:
  • Penelitianiniberdasarkandarimasalahimplementasikebijakanpelayanankir di uptdpengujiankendaraandbermotor di DinasPerhubungan, Komunikasi Dan InformatikaKabupaten Bandung Barat.Masalahtersebut juga di dugadisebabkanolehkurangnyakeahlianaparatur yang sangatrendah, pemberianpemahamantidakmaksimalsehinggadalampenyelesaiantugaspokokdanfungsinyabelumterealisasisecara optimal. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenemukan, mengembangkan, danmenerapkan data daninformasimengenaiimplementasikebijakanpelayanankir di uptdpengujiankendaraanbermotor di DinasPerhubungan, Komunikasi Dan InformatikaKabupaten Bandung Barat, sedangkankegunaandaripenelitianyaitu agar dapatmemberikanmasukanbagidinasuptdpengujiankendaraanbermotor di DinasPerhubunganKab.Bandung Barat. Penilitaninimenggunakanpenilitankualitatifdenganteknikpengumpulandatanyamenggunakanteknikwawancara yang dilakukankepadaKepalauptdpengujiankendaraanbermotor, stafanalisiskepegawaian, observasi, danstudidokumentasi.Data primer dan data sekunder yang diperolehdalampenelitianinidiolahmelaluiprosedurkualitatif yang meliputireduksi data, penyajian data danverifikasi data ataupenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaimplementasikebijakanpelayanankirbelumseutuhnyadilaksanakankarenamasalahtidakadanyaanalisiskebutuhandiklat, keterbatasananggaran yang menyebabkankurangnyasaranadanprasarana yang tersediauntukpelaksanaandiklatdankebutuhanfasilitaS. Kata kunci :ImplementasiKebijakanPelayanan.