Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris mengenai pengaruh Agresivitas pajak dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur periode 2013-2017. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu Agresivitas Pajak, Media Exposure, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website IDX. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan statistic uji world test (parsial). Proses analisis statistic menggunakan SPSS 21,0 for windows. Untuk mengetahui besarnya pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Exposure terhadap Pengungkkapan Corporate Social Responsibilty digunakan analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Agresivitas Pajak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan persentase pengaruh sebesar 30,4%. Media Exposure berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan persentase pengaruh sebesar 46,4%. Kata Kunci : Agresivitas Pajak, Media Exposure, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility