Daftar Isi:
  • Polakomunikasi interpersonal adalah model, sistemataubentukdari-komunikasi yang dilakukanolehdua orang ataulebihdanmemungkinkantim-balbaliksegera. Dalampenelitianini, polakomunikasi yang terbentukyaituda-rikomunikasi interpersonal ustazdansantri di PondokPesantren Modern As-suruur Bandung. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapolakomunikasi interpersonal yang terjalinantara guru danmuridtunarungu di SLB-B Suka-pura yang dianalisismenggunakanteoriinteraksisimbolikdari Herbert Blumer yang memiliki 5 konsepyaitudiri (the self),perbuatan (theact), interaksisosial (social interaction), objek (object), dantindakanbersama(joint action). Penelitianinimerupakanjeniskualitatifdenganmetodedeskriptif. Ter-dapat 10 orang sebagaiinformandengan 7 diantaranyasebagaiinformankunci (key informan).Teknikpengumpulan data studipustakadanstudilapangan (ob-servasi, danwawancaramendalam). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakomunikasiantaraustazdansantri-terjadidenganmempertukarkansimbol-simbol yang kemudiandiberimakna. Ustazdansantrisalingmemaknaiobjek. Dari interaksisosial yang terjalin, us-tazdansantrimembentukkonsepdirimerekadanbertindakberdasarkanmak-nadirinya, yang diselaraskanataudileburkandalamsuatutindakanbersa-mayaitukegiatanbelajarmengajar. Diharapkankedepannyapemerintahdanmasyarakatlebihpekaterha-dapsekolahberbasisislami agar anakanaktidakmudahterpengaruhi moral yang tidakbaik. Kata kunci: PolaKomunikasi Interpersonal, InteraksiSimbolik, KonsepDiri (the self),Perbuatan(the act),InteraksiSosial(social interaction),Objek(object), TindakanBersama (joint action).