IMPLEMENTASI DIMENSI CONNECTEDNESS DARI PRODUCTIVE PEDAGOGIES FRAMEWORK DALAM MODEL BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: Lia Yulianie, NPM : 178060038
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/41407/1/ARTIKET%20TESIS%20%28LIA%20YULIANIE%2C178060038%2CMPM%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/41407/
Daftar Isi:
  • Kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa saat ini belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa melalui implementasi connectedness dari Productive Pedagogies Framework dalam model Based Learning.. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bandung dengan jumlah sampel 63 orang siswa yang terbagi ke dalam kelas VIII – 1 dan kelas VIII-3. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematis, angket disposisi matematis siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Statistik.Mann Whitney, Rank Spearman. Uji Independent Sample T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis, (2) ) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan disposisi matematis, (3)Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran PBL-Connectedness dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (4) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan koneksi matematis dengan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran PBL-Connectedness.(5) Terdapat hubungan antara kemampuan koneksi dengan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (6) Tidak terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran PBL Connectedness dengan disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Dimensi Connectedness,Model Based Learning, Koneksi Matematis, Disposisi Matematis