PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF - CONFIDENCE SISWA MAN 1 KARAWANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self- confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MAN 1 Karawang , Karawang. Pada kelas MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan MIPA 4 sebagai kelas eksperimen tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran teknik Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa dan korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan quantitatif dengan metode eksperimen. Perolehan data pada penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest dan posttest), dan skala angket self-confidence. Data yang diperoleh dianalisa dan diuji agar mendapatkan hasil yang baik tentang kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa dan korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa. Selanjutnya, hasil dari tes dan angket diinterpretasikan dan diklasifikasikan agar mengetahui jawaban dari rumusan masalah. Berdasarkan data yang diambil dari instrumen yang telah dianalisis dan diuji, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik probing prompting memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa dan tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran teknik Probing Prompting dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional Kata Kunci: Teknik Probing Prompting, Kemampuan berpikir kritis, selfconfidence .