STRATEGI PENCITRAAN DAERAH MELALUI WISATA KABUPATEN MAJALENGKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Strategi Pencitraan Daerah Melalui Wisata Kabupaten Majalengka. Dimana sebuah citra dapat dibangun melalui wisata Terasering Panyaweuyan berdasarkan persepsi, kognisi, sikap dan motivasi yang diberikan oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pencitraan daerah melalui wisata Terasering Panyaweuyan Kabupaten Majalengka. Teori dalam penelitian ini adalah Teori Citra dari Frank Jefkins dan dibantu oleh teori Impression Management dari Goffman. Penelitian ini menggunakan studi deskriftif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara bertatap muka langsung dengan informan ahli, informan inti dan informan akademik. Informan dalam penelitian ini adalah informan ahli, informan inti yang masing-masing mengetahui dan memiliki minat terhadap wisata Terasering Panyaweuyan. Sedangkan informan akademis, ahli dalam studi hubungan masyarakat berkhususkan citra. Teknik triangulasi dipilih dalam penelitian ini karena dalam penelitian ini menggunakan beberapa sumber data yang berasal dari wawancara, dokumentasi dan penelusuran. Hasil penelitian ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti secara bertatap muka langsung dengan mewawancarai para informan untuk mengetahui bagaimana strategi pencitraan daerah melalui wisata Terasering Panyaweuyan Kabupaten Majalengka. Teori dalam penelitian ini adalah Teori Citra dari Frank Jefkins dan dibantu oleh teori Impression Management dari untuk menghasilkan sebuah citra yang hebat. Berdasarkan hasil pengolahan data-data yang diperoleh, menghasilkan bahwa wisata Terasering Panyaweuyan berhasil membangun citra Kabupaten Majalengka sejak tahun 2016.