PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN WIRAUSAHA UMKM BAKSO DI KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang tidak bisa ditiru seperti memiliki akal, perasaan, keinginan, kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan karya. Potensi sumber daya manusia tersebut berpengaruh terhadap upaya instansi dalam pencapaian tujuan. Instansi harus mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga mampu mengelola karyawan secara efektif dan efisien serta mampu mendukung pencapaian tujuan instansi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Wirausaha UMKM pada Bakso di Kota Bandung baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah populasi dan sampel 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, korelasi ganda, uji F, uji T, koefisien determinasi dan koefisien determinasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Efficacy, motivasi dan Keberhasilan Wirausaha UMKM pada Bakso di Kota Bandung dapat dikatakan cukup baik. Self Efficacy dan Motivasi memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan Keberhasilan Wirausaha yaitu sebesar 71,2%. Secara parsial Self Efficacy memberikan pengaruh terhadap Keberhasilan Wirausaha sebesar 39%, sedangkan Motivasi memberikan pengaruh yang besar terhadap Keberhasilan Wirausaha yaitu sebesar 32%. Kata kunci : Self Efficacy, Motivasi, Keberhasilan Wirausaha