PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS COFFEE (Survei Terhadap Konsumen Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung)
Daftar Isi:
- i ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan konsumen mengenai kelompok referensi konsumen Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung, tanggapan konsumen mengenai tingkat gaya hidup konsumen Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung, keputusan pembelian konsumen Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Coffee Jalan Braga No.2 Kota Bandung dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik sampling yang digunakan menghitung besarnya ukuran sampel dalam nonprobability sampling. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data analisis yang digunakan adalah uji asumsi regresi, regresi linier ganda, korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS.21 Hasil penelitian secara simultan menunjukan adanya pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara pasrial kelompok referensi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil koefisien determinasi di dapat kontribusi sebesar 90,6%, yang mengartikan bahwa kelompok referensi dan gaya hidup secara bersama memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Kelompok Referensi, Gaya Hidup, dan Keputusan Pembelian