PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SMP

Main Author: Tika Lestari, NPM : 178060027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/40999/1/Artikel%20Tika%20Lestari.docx
http://repository.unpas.ac.id/40999/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuandaripenelitianiniuntukmengkajipeningkatankemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Olehkarenaitu, dibutuhkansuatualternatif model yang lainuntukmeningkatkankemampuantersebutkepadasiswa, salahsatu model yang dapatmeningkatkankemampuantersebutadalah model pembelajaranproblem centered learning. Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahpeningkatankemampuankemampuankomunikasimatematis, sertamotivasibelajarsiswa yanglebihbaikantara memperoleh pembelajarandengan modelproblem centered learningdengan siswa yang memperoleh pembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Penelitianinimenggunakanmetodecampuran (mixed method) tipeembedeeddesain. Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas VII-A dan VII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniberupasoalteskemampuankomunikasimatematis, angketmotivasibelajar, lembarobservasi, sertapedomanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : 1) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunkanpembelajarankonvensional; 2) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learningtidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tua 3) motivasibelajarsiswa yang menggunakanpembelajarandengan model problem centered learning tidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa; 4) motivasibelajarsiswa yang mendapatkan model pembelajaranproblem centered learninglebihtinggidaripadakelas yang menggunakan model pembelajarankonvensional 5) terdapathubungan yang signifikanantarakemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswa; 6) Tidakterdapatpengaruhpositifkemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswabiladitijaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Kata Kunci: Model Problem Centered Learning, KemampuanKomunikasiMatematis, MotivasiBelajarSiswa, Tingkat Pendidikan Orang TuaSiswa.