PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SMP
Main Author: | Tika Lestari, NPM : 178060027 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/40999/1/Artikel%20Tika%20Lestari.docx http://repository.unpas.ac.id/40999/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuandaripenelitianiniuntukmengkajipeningkatankemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Olehkarenaitu, dibutuhkansuatualternatif model yang lainuntukmeningkatkankemampuantersebutkepadasiswa, salahsatu model yang dapatmeningkatkankemampuantersebutadalah model pembelajaranproblem centered learning. Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahpeningkatankemampuankemampuankomunikasimatematis, sertamotivasibelajarsiswa yanglebihbaikantara memperoleh pembelajarandengan modelproblem centered learningdengan siswa yang memperoleh pembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Penelitianinimenggunakanmetodecampuran (mixed method) tipeembedeeddesain. Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas VII-A dan VII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniberupasoalteskemampuankomunikasimatematis, angketmotivasibelajar, lembarobservasi, sertapedomanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : 1) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunkanpembelajarankonvensional; 2) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learningtidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tua 3) motivasibelajarsiswa yang menggunakanpembelajarandengan model problem centered learning tidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa; 4) motivasibelajarsiswa yang mendapatkan model pembelajaranproblem centered learninglebihtinggidaripadakelas yang menggunakan model pembelajarankonvensional 5) terdapathubungan yang signifikanantarakemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswa; 6) Tidakterdapatpengaruhpositifkemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswabiladitijaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Kata Kunci: Model Problem Centered Learning, KemampuanKomunikasiMatematis, MotivasiBelajarSiswa, Tingkat Pendidikan Orang TuaSiswa.