Daftar Isi:
  • Pembelajaran mengidentifkasi unsur-unsur teks narasi berkaitan dengan keterampilan membaca. Metode pembelajaran mind mapping bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan daya tarik yang tinggi. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan metode mind mapping. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu: 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran mengidentifikas unsur-unsur teks narasi dengan menggunakan metode mind mapping di kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung dengan tepat?; 2) Apakah peserta didik mampu di kelas VII SMP Pasundan Bandung melaksanakan, mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi dengan tepat?; 3) Efektifkah metode mind mapping dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi di kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung dengan tepat?. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi experiment dengan desain the one group pretest-posttest. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 37,8; nilai rata-rata pretest sebesar 37,75 dan posttest 77,75; jadi, adanya peningkatan sebesar 40,0. Hasil perhitungan statistik membuktikan t hitung > t tabel yaitu 40,08 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 31. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran mengidentifikasi unsur -unsur teks narasi dengan menggunakan metode mind mapping. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, Unsur-Unsur Teks Narasi, Metode Mind Mapping.