Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari Penelitian ini adalah Menganalisis tingkat jumlah pelanggan, volume penjualan dan jam kerja para pedagang pasar tradisional di Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi sebelum dan sesudah adanya pasar modern. Mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional untuk menjaga eksistensi usahanya. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner kepada 42 responden ke pedagang pasar tradisional yang menjual produk yang sama dengan produk yang ada di pasar modern. Guna mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan alat analisis Uji Beda Berpasangan (Paired Sample t-test) guna mengetahui apakah terdapat perbedaan akibat dampak adanya pasar modern tersebut dan analisis deskriptif untuk menggambarkan data hasil pengamatan tanpa melakukan uji statistik. Hasil Uji Beda Berpasangan (Paired Sample t-test) menunjukan dari 42 responden yang diteliti terlihat bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap jumlah pelanggan, volume penjualan dan jamn kerja para pedagang pasar tradisional di Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Kata Kunci : Dampak Pasar Modern, Pasar Tradisional, Penurunan Jumlah Pelanggan, Volume Penjulan dan Jam Kerja Pedagang.