Daftar Isi:
  • Rumah Sakit Umum Provinsi Dr. Hasan Sadikin (RSHS) menerima lebih dari 200-an pasien setiap harinya, hal ini menyebabkan berbagai masalah, mulai dari seringnya terjadi pasien yang menumpuk pada antrian pendaftaran Instalasi Rawat Jalan, waktu antrian yang sangat panjang dan munculnya praktik percaloan. Pihak RSHS menghadirkan solusi berupa aplikasi reservasi online RSHS GO Mobile untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Namun aplikasi yang ada saat ini belum dapat menjadi solusi yang optimal dikarenakan kebutuhan pasien akan informasi yang kian meningkat, serta fitur aplikasi yang membutuhkan pengembangan. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan ulang untuk Aplikasi tersebut, baik secara fungsi maupun visual. Tujuan dari perancangan adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi serta visualisasi terkait pendaftaran dan antrian pada Instalasi Rawat Jalan yang optimal. Supaya pasien dapat lebih mudah dan nyaman dalam menggunakanaplikasi, sehingga diharapkan waktu tunggu antrian dan penumpukan pasien dapat diminimalisir.Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah penelitian kualitatif, dengan instrumen penelitian observasi, wawancara dan studi literatur. MetodologiPerancangan yang digunakan adalah User-Centred Design. Perancangan ulang aplikasi ini mencoba untuk menghadirkan fitur baru, yaitu pendaftaran yang mudah melalui aplikasi juga informasi estimasi waktu antrian yang lebih jelas. Penyajian visual aplikasi baru menghadirkan kesan yang lebih segar dan nyaman dibandingkan aplikasi sebelumnya, yaitu dengan penggunaan gaya visual yang ilustratif pada elemen-elemen desain nya. Kesimpulnan dari perancangan ini menujukkan bahwa dengan fitur yang ditambahkan, infromasi yangjelas dan tampilan visual yang baik, user dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan pendaftaran dan reservasi antrian.Kata kunci: UI & UX, Aplikasi, Antrian, Perancangan ulang.